Kolaborasi PDDI LIPI dan PPIKSN BATAN untuk Pemanfaatan Sumberdaya Informasi Bersama

Jakarta, 8 Juli 2020,

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui satuan kerja Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah (PDDI LIP) menyepakati kerjasama untuk pemanfaatan sumber informasi bersama (Inter Library Loan) dengan  Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategi Nuklir (PPIKSN) BATAN. Penandatangan kerjasama dilakukan pada hari ini Rabu, 08 Juli 2020 di Kantor PDDI LIPI Jakarta.

Tersebar dan terbatasnya akses terhadap hasil-hasil penelitian yang dilakukan lembaga litbang menjadi salah satu pemicu  diinisiasinya kerjasama ini. Demikian diungkapkan oleh Plt Kepala PDDI LIPI, Hendro Subagyo, ketika mengawali acara hari ini. Ditambah lagi dengan berkurangnya anggaran untuk pengelolaan aset pengetahuan, knowledge management, repositori, langganan jurnal, internet dan lain sebagainya yang semakin lama semakin kecil. Selain itu, era digital seperti saat ini membuat akses ke perpustakaan pun menggunakan akses digital. Terbukti pada saat pandemik seperti sekarang akses digital sangat dibutuhkan.

Berangkat dari hal  tersebut, maka diperlukan kolaborasi antar insitusi untuk memperkaya sumberdaya informasi. Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan menjadi langkah awal yang baik untuk semua pihak, dan perpustakaan di setiap lembaga bisa saling melengkapi sumberdaya informasinya, pungkas Hendro.

Dengan adanya kerjasama ini, maka LIPI dan BATAN akan saling membuka akses koleksi hasil penelitian, jurnal, buku, dan koleksi perpustakaan lainnya untuk dapat dipergunakan bersama. Selain koleksi perpustakaan, para peneliti di BATAN pun bisa mengakses RIN (Repositori Ilmiah Nasional) milik LIPI untuk dapat menyimpan data penelitian mereka,  (YS/AF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top