Panduan Identifikasi Jenis Satwa Liar Dilindungi: Herpetofauna

Herpetofauna merupakan gabungan dari kelas amfibi dan kelas reptile. Indonesia memiliki jumlah jenis amfibi sebanyak 409 jenis dan 755 jenis reptile. Hal ini membuat Indonesia menempati peringkat ke-7 dalam jumlah kekayaan jenis amfibi dunia dan peringkat ke-4 dalam jumlah kekayaan jenis reptile di dunia.

Sistem perlindungan jenis di dalam buku ini mengacu pada Undang-Undang No.5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya yang selanjutnya diatur dalam Peraturan Pemerintah No.7 tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa Liar. Untuk lampiran PP No.7/1999 mencakup daftar jenis Tumbuhan dan Satwa Liar yang dilindungi. Di dalam daftar tersebut terdapat 31 jenis reptile yang dilindungi, namun untuk kelas amfibi, sayangnya belum ada satu jenis pun yang dimuat sebagai jenis dilindungi dalam lampiran tersebut.

Buku ini disusun bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna dalam mengidentifikasi jenis, status perlindungan yang dapat diketahui melalui deskripsi morfologi serta panduan visual berupa foto atau ilustrasi, serta informasi penting lain dari jenis-jenis herpetofauna yang menunjang proses identifikasi di lapangan. (SW)

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kepustakaan Kawasan Cibinong

Back To Top