Webinar dan Knowledge Sharing Pengelolaan Data Penelitian di Era Open Science


PDDI LIPI bekerja sama dengan Forum Perpustakaan LPNK Ristek mengadakan kegiatan “Webinar dan Knowledge Sharing Kepustakawanan Forum LPNK Ristek dengan tema pengelolaan data penelitian di era open science”. Kegiatan dilaksanakan pada Hari Selasa 5 Mei 2020 yang terbagi menjadi dua sesi yaitu sesi Keynotes speaker dan sesi prensentasi Call For Paper. Kegiatan dipandu oleh Cahyo Trianggono sebagai host dan diikuti oleh 242 peserta yang berasal dari Perpustakaan LPNK Ristek, Perpustakaan Kementerian dan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang berasal dari seluruh Indonesia.
Hadir sebagai Keynotes speaker yaitu Hendro Subagyo M. Eng (Plt. Kepala Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah – LIPI), dengan judul makalah “Pengelolaan data penelitian di era open science: best experience di Indonesia”. dan Dr. Juneman Abraham (Pengajar Binus University), dengan judul makalah “Perkembangan open science dan penelitian di Indonesia: membuka siklus hidup penelitian”. Hasil diskusi dengan kedua narasumber dapat diambil kesimpulan bahwa di era open science data yang tersimpan merupakan pengetahuan yang transparan, mudah ditemukan, mudah diakses dan dapat digunakan kembali. Adanya perkembangan open science, diharapkan pustakawan menerapkan open science di lingkungan masing-masing.

Sesi kedua menampilkan presentasi Call For Paper yang terbagi menjadi 2 sesi panel diskusi. Diskusi Panel sesi pertama menampilkan 3 pemakalah yaitu (1) Akses terbuka repositori IPTEK nuklir di Indonesia berbasis data INIS. R. Suhendani (BATAN; (2) Kajian jurnal open access pada era open science: studi kasus jurnal Annales Bogoriensis. Yupi Royani; Tupan (LIPI) ; (3) Persepsi peneliti LIPI di Kawasan Cibinong Science Center terhadap repositori ilmiah. Lukman Budiman; Rahmadani Ningsih Maha (LIPI). Sedangkan untuk diskusi panel ke 2 juga terdiri dari 3 pemakalah yaitu (1)Pengukuran kinerja jurnal ilmiah terakreditasi di BATAN (analisis bibliometrik). Noer’Aida (BATAN); (2) Pendayagunaan repositori Kementerian Pertanian dalam mendukung akses terbuka informasi IPTEK pertanian Indonesia. Sutarsyah; Akhmad Syaikhu HS; Herwan Junaidi ( PUSTAKA Kementerian Pertanian); (3) Peran pustakawan sebagai pengelola repositori data penelitian di LIPI. Mohamad Djaenudin (LIPI). Setelah mengikuti kegiatan webinar ini, para peserta diharapkan dapat menerapkan open science di lingkungan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top